Gastronomi Bukan Kuliner Semata

Gastronomi atau tata boga, kata gastronomi berasal dari Bahasa Yunani kuno gastros yang artinya “lambung” atau “perut” dan nomos yang artinya “hukum” atau “aturan”. adalah seni & ilmu makan yang baik (good eating). berupa cara memasak, menghidangkan, mencicipi, merasakan pengalaman, mencari, mempelajari, meneliti & menulis tentang makanan serta segala hal yang berkaitan dengan gizi manusia. Menyebutkan gastronomi sebagai studi mengenai hubungan antara budaya dan makanan, di mana gastronomi mempelajari berbagai komponen budaya dengan makanan sebagai pusatnya (seni kuliner). Hubungan budaya dan gastronomi terbentuk karena gastronomi adalah produk budidaya pada kegiatan pertanian sehingga pengejawantahan warna, aroma, dan rasa dari suatu makanan dapat ditelusuri asal-usulnya dari lingkungan tempat bahan bakunya dihasilkan.

Gastronomi meliputi :
Studi dan apresiasi dari semua makanan dan minuman.
Mmencakup pengetahuan mendetail mengenai makanan dan minuman nasional dari berbagai negara besar di seluruh dunia.
Peran gastronomi adalah sebagai landasan untuk memahami bagaimana makanan dan minuman digunakan dalam situasi-situasi tertentu.
Melalui gastronomi dimungkinkan untuk membangun sebuah gambaran dari persamaan atau perbedaan pendekatan atau perilaku terhadap makanan dan minuman yang digunakan di berbagai negara dan budaya.

BAGIKAN ARTIKEL INI
error

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *